Hubungi Kami

Customer Service RS Pindad

Alamat Kami :

Jl. Gatot Subroto No. 517
(Jl. Papanggungan)
Bandung, Jawa Barat
Phone: (022) 7322877

Email:
info@rspindad.com

Area Anggota



Home Konsultasi Kesehatan Ciri Panas badan yang berbahaya
Ciri Panas badan yang berbahaya

Sumber gbr : myscienceblogs.comSetiap orang pernah mengalami panas badan, ada yang mengalaminya disertai batuk, pilek, bahkan kejang. Panas badan merupakan reaksi yang alamiah akibat adanya sesuatu yang terjadi pada tubuh kita. Penyebab utamanya bisa karena adanya virus, bakteri, atau zat asing lainnya masuk kedalam tubuh. Karena Hal ini bersifat alamiah sebaiknya, dilakukan penanganan yang tepat. Diantara panas yang sering timbul ada panas yang tidak berbahaya dan panas yang berbahaya bagi tubuh kita. Panas yang tidak berbahaya maksudnya panas yang akan hilang dengan sendirinya dan tidak akan merusak organ tubuh atau menimbulkan efek yang lebih fatal. Sedangkan panas yang berbahaya adalah panas yang bisa mengancam jiwa, atau menimbulkan hal yang lebih serius.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui ciri- ciri panas badan yang berbahaya dan memerlukan penangan lebih tepat yaitu :

1. Panas badan yang disertai mimisan atau kemerahan pada kulit.
2. Panas badan yang disertai sakit kepala hebat.
3. Panas badan yang disertai kejang
4. Panas badan tinggi lebih, terus menerus lebih dari 2 hari berturut-turut
5. Panas badan yang disertai pingsan atau penurunan kesadaran
6. Panas badan yang disertai dengan sesak nafas atau nyeri dada

Jika kita mengalami hal seperti diatas segera periksakan kepada dokter anda, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Silahkan kirimkan pertanyaan anda melalui kolom dibawah ini sesuai dengan artikel diatas, setiap pertanyaan akan melalui proses verifikasi terlebih dahulu. Terima Kasih.

Kirim Pertanyaan

Nama Anda:
Judul:
Pertanyaan:
Jumlah Pertanyaan (310)
PUSING DISERTAI DEMAM
290Jumat, 07 Februari 2014 23:07
AFIFA
Umur saya 12 thn sudah 2 hr ini sy menderita demam disertai pusing tanpa ada keluhan lain, sy sudh berobat ke Dokter dan dikasih resep ( METHYLPREDNISOLON, OMEPRAZOLE, CALORTUZIN, CEFADROXIL)Tekanan drh saya waktu itu 100/70 sampai detik ini sy masih merasakan demam & pusing. Dan 2 hri ini belum BAB namun perut tdk merasa sakit, menurut Dokter apa yang harus saya lakukan? Mohon sarannya .....
Jawaban :
Salam Sehat Afifa,
Kamis, 13 Februari 2014 16:31
Novaria Samudra, dr
Bagaimana kbr Afifa? apakah sudah perbaikan? kalau msh mengeluhkan panas badan serta pusing, dan keluhan BAB sebaiknya periksakan kembali ke dokter, agar bisa diperiksa lbh lanjut mengenai penyakitnya, kalau dari keluhan yang disampaikan kemungkinan bisa saja demam tyfoid, tetapi untuk lbh pastinya harus diperiksakan langsung ke dokter dan juga akan dilakukan pemeriksaan penunjang (lab darah, dll) untuk membantu dokter mendiagnosa penyakit Afifa secara tepat. Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban ini bermanfaat.
panas
289Rabu, 05 Februari 2014 09:49
wawan
ini agak aneh menurut saya, saya sakit sudah 1 minggu, 1-3 hariya sakit saya biasa aja, cuma panas biasa sama kepala agak sakit, nah stelah minum obat dr bidan sih mendingan tp stelah hari ke 4 sore harinya badan saya panas bgt, mungkin ada lebih sampek 35%, di hari 5-7 itu mendingan tapi cuma dr jm 8 pagi sampek 3 sore, kira2 jm 4-7 badan saya panas gak karuan, setiap jm 11 malem sampek jm 2 pagi itu badan rasanya dingin banget padahal udah pakek selimut tebel+jaket tapi badan saya masih panas, setelah jm 2-jm 5 padan rasanya panas lg malah gak enak bgt kalo pakek pakek selimut, tapi rasanya masih terasa dingin.
Jawaban :
Salam Sehat Pak/Mas Wawan,
Rabu, 05 Februari 2014 14:58
Novaria Samudra, dr
Dengan adanya panas badan sampai 1 minggu bahkan lebih sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter, dan juga kemungkinan juga dibutuhkan pemeriksaan penunjang (seperti pemeriksaan lab, dll, dari keluhan panas badan seminggu dan dirasakan terutama pada sore-malam hari, bisa saja disebabkan oleh Demam Tyfoid/Tyfus atau bisa juga disebabkan oleh penyebab lainnya, untuk lebih pastinya silahkan Bapak/Mas Wawan memeriksakan diri ke dokter, agar diketahui penyebabnya dan dapat diberikan terapi yang tepat. terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban ini bermanfaat.
panas beserta mimisan
288Selasa, 04 Februari 2014 17:08
aris
beberapa hari ini saya panas tinggi dan mengalami mimisan .
Penyakit apakah yang terjadi kepada saya saat ini .
Trimakasih
Jawaban :
Salam Sehat Aris,
Rabu, 05 Februari 2014 15:07
Novaria Samudra, dr
Dengan panas badan tinggi, disertai adanya mimisan, harus masih mencurigai ke arah demam berdarah (mengingat saat ini masih musim penghujan, dimana biasanya penderita demam berdarah meningkat), sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter yang memiliki fasilitas pemeriksaan penunjang laboratorium darah. Agar diketahui penyebab penyakit Anda dan terapinya pun dapat segera diberikan, semoga Anda cepat sembuh. Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban ini bermanfaat.
panas dingin disertai pusing selama seminggu
287Minggu, 02 Februari 2014 20:05
nur sukmawati
Ponaan saya sakit panas dingin panas dingin selama kurang lebih seminggu, usianya10 th laki2..sebentr panas kalo minum obat penurun demam termorex dingin..gak lama lg panas disertai pusing kepalanya katanya..apa ini berbahaya dokter..telapak kaki terlihat agak kuning..mohon pencerahan dokter ttg langkah apa yg sebaiknya kami ambil.trimakasih
Jawaban :
Salam Sehat Mba/Bu Nur,
Senin, 03 Februari 2014 10:14
Novaria Samudra, dr
Dari keluhan yang Anda ceritakan, sebaiknya ponakannya diperiksakan lebih lanjut ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan yang memiliki fasilitas pemeriksaan penunjang (seperti laboratorium), dengan panas badan sekitar seminggu, disertai keluhan kuning bisa saja Demam Thyfoid/Tyfus, atau hepatitis, ataupun Leptospirosis, atau kemungkinan penyakit lainnya, untuk lebih pastinya mengetahui penyakit yang diderita keponakan Anda, Keponakan Anda harus diperiksa secara langsung oleh dokter dan juga kemungkinan akan dilakukan pemeriksaan penunjang lainnya sehingga penyakit diketahui dan terapinya pun tepat. Semoga jawaban ini bermanfaat, terima kasih atas pertanyaannya, dan Kami doakan ponakan Anda segera sembuh.
timbul demam tiap jam 10 pagi.
286Minggu, 26 Januari 2014 11:14
mimi
mohon pencerahannya pak dokter...!!
ibu saya mengalami meriang (demam) dipagi hari tiap jam 10 pagi, demam nya pun mulai timbul. yg mau saya tanyakan apa penyebabnya?? tq pak dokter atas respon ny
Jawaban :
Salam Sehat Mba/Bu Mimi
Senin, 27 Januari 2014 10:19
Novaria Samudra, dr
Sama seperti jawaban sy terhadap pertanyaan2 yang masuk ke kami mengenai penyebab panas badan, yaitu panas badan merupakan tanda respon tubuh ketika adanya peradangan di dlm tubuh, bisa disebabkan oleh infeksi (bakteri, virus, parasit, dll), ataupun bisa juga oleh autoimun. Sebaiknya pastikan dahulu suhu tubuh Ibu Anda menggunakan termometer sehingga didapatkan hasil suhu yang obyektif, sebagai catatan suhu normal adalah 36.5 - 37.5 derajat celcius, jika diatas suhu ini baru dikatakan adanya panas badan. Dan dari info yang disampaikan, saya belum bisa memastikan penyebab dari panas badan Ibu Anda, karena dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung dan mungkin juga dibutuhkan pemeriksaan penunjang lain (seperti pemeriksaan lab darah), sehingga saran saya adalah periksakan Ibu Anda ke dokter/RS agar dapat diketahui apa penyebabnya, dan dapat diterapi dengan tepat. Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bermanfaat.
demam
285Minggu, 19 Januari 2014 00:47
mito
Selamat MLM dok,saya mau Tanya anak saya mulai tadi pagi panas TP cm kepala sm telapak tangan Dan kaki kl blh tau it gajala apa ya dok mohon jawabanx mksih
panas hanya dikepala saja
284Sabtu, 11 Januari 2014 05:00
novia
saya mau tanya anak saya baru umur 2bulan demam tapi badanya normal hanya kepala saja yang panas yang saya tanyakan kenapa hanya kepalanya saja yang panas?ini sudah 2 hari sudah saya beri obat penurun panas juga tapi g turun panas dikepalanya
Jawaban :
Salam Sehat Ibu Novia,
Senin, 13 Januari 2014 08:54
Novaria Samudra, dr
Sebaiknya Ibu mengukur terlebih dahulu suhu tubuh anak Ibu, dengan menggunakan termometer (disarankan memiliki termometer bagi Ibu terutama yang memiliki anak dibawah 5 th), di bagian ketiak atau mulut, dari hasil pengukuran baru diketahui secara objektif apakah anak Ibu mengalami panas badan atau tidak (yg disebut panas badan adalah suhu diatas 37.5 derajat celcius, karena bisa saja pada area kepala terasa panas padahal msh merupakan keadaan normal(dikarenakan areal tsb banyak skali pembuluh darah, sehingga terkadang terasa lbh panas dibanding anggota tubuh lainnya), tetapi bila memang diukur menggunakan termometer memang suhunya masuk kategori panas badan, sebaiknya segera kompres dengan air hangat dan beri penurun panas sesuai dosis, dan segera bawa ke dokter. Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban ini bermanfaat.
panas
283Senin, 06 Januari 2014 10:52
gaos
Assalamualaikum Wr, Wb...
suhu badan istri saya kok tinggi, tp dia tidak sakit,.badannya panasa tapi tidak demam,..dan sekarang anak saya seperti itu...penyakit apa namanya itu buk?????
Jawaban :
Salam Sehat Pak Gaos,
Selasa, 07 Januari 2014 11:27
Novaria Samudra, dr
Suhu badan yang tinggi apakah sudah diukur dengan termometer?yang dimaksud dengan panas badan adalah diatas suhu normal (diatas 37.5 derajat C, jika diukur memang melebihi suhu normal, berarti istri Bapak sedang panas badan, berarti sedang ada infeksi atau peradangan dalam tubuhnya, apakah infeksi virus, bakteri dll. Tetapi bila suhu diukur dengan termometer hasilnya normal, berarti bukan panas badan,badan terasa lbh panas (tetapi masuk kategori normal) dikarenakan faktor cuaca sekitar, ketidakcukupan konsumsi cairan, dll. Terima kasih atas pertanyannya, semoga jawaban ini bermanfaat.
badan panas dan kepala sering mrinding
282Kamis, 02 Januari 2014 09:33
Anisa
assalamuallaikum, dokter.
gini dok badan saya itu beberapa hari ini badan saya panas, itu knapa? dan kepala saya itu sering mrinding gt. mksih dok?
wasallamuallaikum :)
Jawaban :
Salam Sehat Anisa,
Kamis, 02 Januari 2014 16:29
Novaria Samudra, dr
Sebaiknya suhu badan Anisa diukur terlebih dahulu menggunakan termometer, jika dari hasil pemeriksaan tersebut diatas suhu normal (suhu normal 36.5 - 37.5 derajat C) berarti Anda betul sedang mengalami panas badan. Panas badan merupakan respon tubuh apabila terjadi proses peradangan,bisa disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, autoimun, dll. Kalau panas msh dalam 1 hari dpt diberikan penurun panas, makan teratur, konsumsi cukup air putih, serta istirahat yang cukup tetapi apabila panas badan berkelanjutan sebaiknya segera periksakan diri Anisa langsung ke dokter, agar diketahui penyebabnya,kemudian dapat diterapi dengan tepat. Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban ini bermanfaat.
selalu panas
281Kamis, 02 Januari 2014 06:46
rizky hendrawan
setelah dicek darah, ternyata saya ada penyakit tipes, setelah diberi obat antibiotik terasa sembuh,sampai obatnya habis pun tapi malah panas dan meriang lagi dan masih kambuh lagi, saya paling tidak suka terlalu banyak mengkonsumsi obat,
Mohon penjelasannya
Jawaban :
Salam Sehat Rizky,
Kamis, 02 Januari 2014 16:05
Novaria Samudra, dr
Sebaiknya Rizky kontrol kembali ke dokter, harus dicari tahu apakah keluhan saat ini merupakan gejala dari tyfoid yang Anda derita, berarti sakit tersebut belum perbaikan secara sempurna, kemungkinan harus dirawat inap, ataupun diberikan pilihan obat/terapi yang lain. Dan bisa juga sakit Tyfoid Anda sdh sembuh tetapi keluhan saat ini merupakan penyakit yang lainnya. Sehingga untuk mengetahui secara pastinya keluhan saat ini sebaiknya periksakan kembali diri Anda. Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban ini bermanfaat.
Badan panas dan pusing ringan
280Jumat, 27 Desember 2013 09:59
nia
Hi dokter, saya mau bertanya.

Badan saya sudah lebih dari seminggu panas dan kepala saya pusing ringan. Dan saya sudah telat menstruasi selama 13 hari, saya selalu dapat mesntruasi sekitar tanggal 15 bulan kemarin tetapi sampai hari ini belum juga datang bulan. Dan sekarang payudara saya sakit dan pinggang saya juga sakit. saya kenapa ya dok? apakah berbahaya?

terimakasih dokter.
Jawaban :
salam sehat Nia,
Sabtu, 28 Desember 2013 08:54
Novaria Samudra, dr
Sebaiknya mb Nia pastikan tetlebih dahulu, apakah hamil atau tdk, lakukan pemeriksaan test kehamilan, kalau hasilnya positif, segera periksakan diri ke dokter spesialis kandungan, jika tidak positif pun sebaiknya periksakan diri ke dokter agar dpt diperiksa lbh lanjut apa penyebab keluhan Anda, termasuk apa penyebab telat menstruasinya. Terima kasih atas pertanyaannya, smoga jawaban ini bermanfaat.
anak sakit
279Kamis, 19 Desember 2013 19:48
sakai
Gimana anak supaya maulahap makan kebuahan aja takut apalagi mau makan mana ada pitaminnya.sekarang kondisi badannya kurus dan suka muntah badan panas sukanya jajan di luar suka minum yang manis manis gimana triknya.terimakasi
Jawaban :
Salam Sehat Bu/Pak Sakai,
Jumat, 20 Desember 2013 14:34
Novaria Samudra, dr
Berapa usia anak Ibu/Bapak?, anak-anak pada usia pertumbuhan sangat membutuhkan kecukupan nutrisi agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Termasuk kecukupan vitamin dan mineral yang sering didapatkan dari buah-buahan dan sayuran. Sebaiknya anak jangan dibiasakan untuk jajan, anak harus diberi pengertian, apabila anak Ibu/Bpk sudah bisa diajak berkomunikasi, dapat dijelaskan alasan mengapa dilarang untuk jajan. Karena apabila anak sering jajan (biasanya makanan jajanan lebih banyak kemungkinan mengandung pengawet, pewarna, dan kandungan gizinya pun kurang baik), biasanya anak sudah merasa kenyang sehingga tdk mau makan-makanan yang jauh lbh sehat. Sebaiknya Ibu dalam penyediaan dan penyajian makanan harus lebih kreatif, tampilan makanan lebih menarik, karena anak-anak lebih suka makanan jajanan karena lebih menarik. Atupun buah-buahan bisa disajikan dalam bentuk jus atau sop buah, dll. Dan juga sebaiknya membuat makanan kudapan sendiri, karena kita lebih tau cakupan gizi dan kebersihannya. Secara psikologis, anak tidak boleh dimarahi ketika tidak mau makan, tetapi bisa diajak komunikasi dan dibujuk, serta bisa dicari waktu berikutnya untuk ditawarkan makan. Tetapi apabila, anak Ibu msh tetap tidak mau makan/tdk nafsu makan, harus diperiksakan ke dr Spesialis Anak, agar dapat diketahui penyebab dan dapat diberikan solusinya. Terima kasih atas pertanyaannya. Semoga jawaban ini bermanfaat.
Badan Panas setiap malam hari
278Rabu, 18 Desember 2013 20:30
moh. sulhan
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Dok saya mau tanya : saya punya istri saat ini lagi menyusui, setiap malam hari tubuhnya panas sekali disertai sakit kepala tetapi kalau siang hari suhu badannya normal dan terasa sehat. pertanyaan saya dok, penyakit apa yang dialami istri saya tesebut dan apa solusinya dok, makasih atas infonya.
Wassalamu'alaikum Wr. Wr
Jawaban :
Salam Sehat Pak Moh Sulhan,
Kamis, 19 Desember 2013 13:46
Novaria Samudra, dr
Waalaikumsalam wr. wr.
Sayangnya Bapak tidak memberitahukan telah berapa hari istri Bapak panas badan, karena dari lamanya hari panas akan mengarahkan kemungkinan penyebab dari panas badan. Panas badan adalah suhu diatas 37.5 derajat celcius, yang merupakan reaksi tubuh ketika adanya infeksi/peradangan yang bisa disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, dll. Saran saya apabila panas badan masih 1 - 2 hari, tanpa disertai keluhan lain, dapat diberikan penurun panas, istirahat dan makan teratur, termasuk buah-buahan dan sayur. Tetapi apabila pns badan sdh sampai hari ketiga atau lebih sebaiknya diperiksakan ke dokter yang memiliki fasilitas laboratorium, karena kemungkinan dibutuhkan pemeriksaan laboratorium darah. Terima kasih atas pertanyaannya. Semoga jawaban ini bermanfaat, dan istri bapak segera diberi kesembuhan,amiin.
anak panas hanya di kepala
277Sabtu, 14 Desember 2013 06:56
feni
Anak saya 19 bulan sudah 2 minggu flu dan batuk. Dia hanya saya kasih madu+jeruk nips.sakitnya berkurang tapi tidak sembuh total, hanya sesekali saja batuk. Tapi dua hari ini dia panas lagi dan hanya di bagian kepala. Apakah ini berbahaya? Dan haruskah dibawa ke dokter? Karena kalau ke dokter pastidikasih antibiotik
Jawaban :
Salam Sehat,
Rabu, 18 Desember 2013 13:41
Novaria Samudra, dr
Dengan adanya keluhan flu dan batuk harus diterapi dengan penghilang gejala (obat batuk dan pileknya)dan juga penyebabnya, apakah alergi, apakah virus ataupun bakteri. Kita bisa mengetahui batuk dan pilek tersebut apa penyebabnya berdasarkan dari karakteristik gejala penyakit dan juga dari pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium. Dari analisa gejala dan penyebab tersebut barulah dokter akan menterapinya, jika disebabkan oleh bakteri diberikan antibiotik, jika bukan disebabkan oleh bakteri, antibiotik tidak perlu diberikan. Saran saya, segera dibawa ke dokter, karena anak Ibu sdh menderita batuk dan flu selama 2 minggu, karena terutama pada anak-anak apabila batuk pilek berlangsung lama bisa juga menyebabkan infeksi pada telinga. Terima kasih atas pertanyaannya. Semoga jawaban ini bermanfaat.
demam
276Senin, 09 Desember 2013 12:02
dewi
dok anak saya 1 thn 4 bln sedang demam sudah 3 hr tp anehnya hanya disekitar kepala telapak tangan dan telapak kaki saja sedangkan badan yg lain hanya hanyat sekitar 37,5'c.. 2 hr sebelumnya diare dan suhu tubuh hangat blm demam dan sudah dibw kedokter.trimakasih dok
Jawaban :
Salam Sehat Bu Dewi,
Senin, 09 Desember 2013 14:39
Novaria Samudra, dr
Yang disebut dengan panas badan adalah adanya peningkatan suhu tubuh yang diukur dengan termometer, suhu normal adalah 36.5 - 37.5 derajat celcius, sehingga jika suhu dari pengukuran masih normal, berarti belom dikategorikan panas badan, memang ada perbedaan kehangatan dari anggota tubuh termasuk kepala dan telapak tangan, pada bagian tersebut sering terasa lebih hangat karena banyaknya vaskularisasi (pembuluh darah) di daerah tersebut. Dan juga Ibu sebaiknya perhatikan hal lainnya seperti kecukupan konsumsi air/susu Anak Ibu serta apakah ada keluhan-keluhan lainnya seperti batuk/pilek, dll. Dan bagaimana dengan Buang Air Besarnya?, apakah sudah kembali normal atau belum (hal ini harus menjadi perhatian), jika BABnya sudah kembali ke keadaan normal, kemungkinan anak ibu sudah pada fase penyembuhan. Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban ini bermanfaat. Semoga Ibu dan keluarga selalu sehat. Amiin.
panas dan pusing
275Minggu, 08 Desember 2013 10:27
mila
Dokter saya mau tanya,sudah 4hr badan saya panas dsertai pusing yg hebat dkepala.saya punya penyakitt magh.sudah periksa kdokter katanya hanya kecapaian,tp sm 4 hr pusing dah panasnya blm hilang.terimakasih
Jawaban :
Salam Sehat Mila,
Senin, 09 Desember 2013 14:30
Novaria Samudra, dr
Dengan keluhan yang Anda rasakan yaitu panas badan 4 hari sebaiknya diperiksakan kembali ke dokter yang memiliki fasilitas laboratorium, karena dengan panas badan 4 hari, biasanya dibutuhkan untuk pemeriksaan penunjang agar diketahui penyebab dari panas badannya (mengingat banyak kemungkinan dari panas badan)kemudian berikutnya akan diberikan terapi yang sesuai. Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban ini bermanfaat.
panas badan yg di sertai sakit lepala
274Senin, 02 Desember 2013 09:47
kiki
Selamat pagi dokter,
Saya hamil masuk minggu ke 33,
Usia saya 28th,
ini saya mengalami panas dingin selama 4 hari berturut,di saertai pusing.
Apakah itu termasuk gejala DB.
Terimakasih
Jawaban :
Salam Sehat Bu Kiki,
Rabu, 04 Desember 2013 14:33
Novaria Samudra, dr
Demam Berdarah biasanya ditandai dengan demam yang mendadak (2-7 hari, tanpa atau disertai tanda-tanda perdarahan (mimisan, gusi berdarah, bintik-bintik kemerahan pada kulit), nyeri kepala dan mual. Dari keluhan yang Ibu sampaikan sekaligus juga Ibu sedang hamil sebaiknya diperiksakan lebih lanjut agar dapat diketahui secara pasti penyekit yang dikeluhkan dan terapinya pun sesuai, dan juga agar kesehatan Ibu dan janin juga terjaga. Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban ini bermanfaat.Ibu dan janin diberikan kesehatan dan kelancaran persalinan nanti.
badan panas
273Rabu, 27 November 2013 17:44
eva
assalamualaikum wr.wb
anak saya berumur 2.5 tahun.... Selama tiga bulan terakhir dya selalu panads tinggi hingga 39-40°© kemudian di sertai batuk dan pilek...sudah di bawa ke dokter yetapi setelah obat habisselang 1 minggu kemudian panas , batuk, pilek. Itu kembali menyerang penyakit apa yang di drrita anak saya?????!!!
Walaikum salam wr.wb
Jawaban :
Salam Sehat Bu Eva,
Kamis, 28 November 2013 10:46
Novaria Samudra, dr
Bagaimana dengan pertumbuhan anak Ibu?Berat Badannya apakah normal?dan nafsu makannya apakah baik?, keadaaan daya tahan tubuh seseorang yang mempengaruhi status kesehatannya, semakin baik daya tahan tubuhnya, akan semakin jarang sakit begitu pula sebaliknya. Dari keluhan yang Ibu sampaikan, berarti keadaan daya tahan anak ibu sangat rentan, sehingga yang perlu dicari tahu, apa penyebab yang membuat daya tahan tubuhnya kurang baik, misalnya apakah terinfeksi TB(Tuberculosis), karena TB pada anak sering ditandai dengan pertumbuhan yang terhambat(BB kurang), nafsu makan kurang dan sering sakit. Atau bisa juga anak Ibu mempunyai kecenderungan alergi, karena pada pasien yang alergi juga lebih rentan untuk sakit, terutama gangguan pada saluran pernafasan. Sebaiknya Ibu periksakan anak Ibu ke dokter spesialis anak, agar Ibu dapat berkonsultasi dan bisa mendapatkan kejelasan dari penyakit anak Ibu serta dapat pula diterapi secara optimal. Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban ini bermanfaat, dan anak Ibu selalu diberi kesehatan,amiin.
tanya penyakit
272Selasa, 26 November 2013 19:37
agung pambudi
dok saya mau tanya,setiap sore menjelang malam saya pasti menggigil dan pusing tetapi pada siangnya tidak ada gejala apa" (alias sehat)tiba" malemnya menggigil dan pusing lagi,,hal itu berjalan selama 3 hari ... .tolong dijawab dok .. terimakasih
Jawaban :
Salam Sehat Mas Agung,
Rabu, 27 November 2013 16:02
Novaria Samudra, dr
Panas badan dapat disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab dan merupakan suatu respon tubuh terhadap proses peradangan. Dan karakter panas badan pun bermacam-macam, bisa dirasakan oleh pasien terus menerus, bisa hanya dirasakan terutama pada malam hari bahkan ada panas badan yang bersiklus. Panas badan terutama dirasakan pada malam hari biasanya sering disebabkan oleh Demam Thyfoid (tetapi seringnya disertai dengan keluhan lainnya seperti mual, gangguan pada BAB, nyeri pada areal perut). Dari keluhan panas badan 3 hari tersebut sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter agar dapat diketahui penyakitnya dan juga dapat dilakukan pemeriksaan penunjang apabila memang dibutuhkan. Terima kasih atas pertanyaannya. Semoga jawaban ini bermanfaat, dan Agung segera diberi kesembuhan.
panas
271Selasa, 26 November 2013 18:25
tuti
anak saya umur 10 th,panas disertai sakit kepala dan muntah.Tiap kali makan atau minum muntah.hal seperti ini sering dialami kalau anak saya kecapean.Sakit apa anak saya dok,dan apa yg harus saya lakukan,terimakasih sebelumnya ..
Jawaban :
Salam Sehat Ibu Tuti,
Rabu, 27 November 2013 15:49
Novaria Samudra, dr
Dari keluhan yang Ibu ceritakan, kemungkinannya adalah adanya gangguan pada saluran pencernaan, terutama lambung sehingga menyebabkan muntah dan bisa disertai dengan keluhan nyeri kepala. Tetapi harus juga diperhatikan keluhan lainnya, apakah disertai panas badan?bagaimana dengan buang air besarnya?apakah mencret atau susah BAB. Apabila keluhan tersebut berulang sebaiknya ibu periksakan anak ibu ke dokter. untuk pencegahan gangguan lambungnya adalah makan secara teratur, dan kurangi makanan gorengan/berminyak, pedas serta hindari minuman soda dan kopi serta harus cukup istirahat. Terima kasih atas pertanyaanya, semoga jawaban ini bermanfaat.
 
Banner