Hubungi Kami

Customer Service RS Pindad

Alamat Kami :

Jl. Gatot Subroto No. 517
(Jl. Papanggungan)
Bandung, Jawa Barat
Phone: (022) 7322877

Email:
info@rspindad.com

Area Anggota



Home Konsultasi Kesehatan Kenali & Cegah Hepatitis A
Kenali & Cegah Hepatitis A

Merebaknya infeksi Hepatitis A di kalangan mahasiswa dan pelajar terbilang sangat mengejutkan, oleh karena itu penting bagi kita untuk mengenal mengenai penyakit tersebut sehingga kita dapat mencegahnya.

Apa yang dimaksud dengan penyakit Hepatitis A?

Penyakit Hepatitis A adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh kotoran/tinja penderita biasanya melalui makanan (fecal - oral), bukan melalui aktivitas seksual atau melalui darah, berbeda dengan hepatitis B dan C yang penularannya melalui seksual dan darah.

Bagaimanakah Gejalanya?

Gejala Hepatitis A berupa demam tiba-tiba, hilang nafsu makan, mual, muntah, penyakit kuning (kulit dan mata menjadi kuning), air kencing berwarna tua, tinja pucat. Hepatitis A dapat dibagi menjadi 3 stadium: (1) pendahuluan (prodromal) dengan gejala letih, lesu, demam, kehilangan selera makan dan mual; (2) stadium dengan gejala kuning (stadium ikterik); dan (3) stadium kesembuhan (konvalesensi). Gejala kuning tidak selalu ditemukan. Untuk memastikan diagnosis dilakukan pemeriksaan enzim hati, SGPT, SGOT. Karena pada hepatitis A juga bisa terjadi radang saluran empedu, maka pemeriksaan gama-GT dan alkali fosfatase dapat dilakukan di samping kadar bilirubin.

Bagaimanakah cara penularannya?

Penyakit hepatitis A terutama ditularkan melalui makanan atau air yang tercemar virus hepatitis A.

Bagaimanakah cara pencegahannya?

Cara pencegahan penyakit ini sebenarnya mudah, yaitu dengan selalu mencuci tangan dan memastikan semua makanan dan minuman yang dikonsumsi terbebas dari pencemaran virus hepatitis A, sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang diolah sendiri dengan cara yang benar. Dan pencegahan yang kedua adalah dengan pemberian vaksinasi bagi yang belum pernah terkena penyakit hepatitis A.

(Sebagai informasi RSU Pindad juga menyediakan pelayanan imunisasi Hepatitis A, mengenai tarif dan jadwal dapat menghubungi customer service kami).

Kirim Pertanyaan

Nama Anda:
Judul:
Pertanyaan:
Jumlah Pertanyaan (1)
Hepatitis A
1Jumat, 27 Januari 2012 10:27
Humas
sya mw tanya sya skrg trkna hepatitis A,prtama.ny urine sya wrna.ny kuning pekat,trus beberapa hri kemudian wrna.urine brubah jdi putih,itu knp y?
aktifitas apa sja yg tdk boleh N yg boleh d lakukan oleh org yg terkena pnyakit hepatitis A ini?
 
Jawaban :
Hepatitis A
Jumat, 03 Februari 2012 10:26
Salam Sehat Michelle,
Pada penyakit Hepatitis A terdapat beberapa fase, yaitu salah satunya adalah fase kuning atau ikterik, dimana keluhannya salah satunya adalah urine berwarna kuning pekat atau seperti warna teh, hal ini bisa terjadi dikarenakan sedang terjadi infeksi pada hati, dan fungsi hati adalah berperan dalam memproduksi bilirubin (yang nantinya bilirubin ini dalam prosesnya akan keluar melalui urine), dan pada penyakit hepatitis adanya peningkatan bilirubin, sehingga warna urine akan lebih kuning, seperti teh. Kemudian setelah fase perbaikan, urine akan berubah kembali warnanya menjadi warna bening kekuningan. Dalam masa proses penyembuhan disarankan untuk beristirahat, tdk boleh melakukan aktivitas berat, seperti berolahraga. Dan apabila sudah sembuh total (biasanya terlihat dari fungsi hati, SGOT dan SGPT sdh kembali normal, keluhan sdh tdk dirasakan lagi), anda sudah boleh menjalani aktivitas rutin anda, tetapi dengan bertahap tentunya, dan tetap seimbang antara aktivitas bekerja dan istirahat. Terima kasih atas pertanyaannya semoga jawaban kami memberikan solusi untuk anda.
 
 
 
Banner